17.38
Diposting oleh DEBTCOLLECTOR

Buat Efek Gitar Listrik dengan guitar fx


Ditengah kesibukan yang makin menumpuk, dimana aku harus kejar skripsi, trus ada kerjaan sampingan....akhirnya bisa juga nulis blog lagi.


oke deh, kita mulai lagi....

anda punya gitar ???? bisa main gitar ???? suka main gitar ??? gitar apa yang anda pakai???apakah gitar klasik ???atau gitar listrik ???permainan gitar seperti apa yang anda sukai???

mungkin itu hanya gambaran pertanyaan yang akan saya ajukan apabila anda ingin menjadikan komputer anda sebagai alternatif pengganti amplifier gitar yang katanya MAHAL....


dengan bermodalkan sebuah gitar (gitar klasik ataupun gitar listrik) dan sebuah komputer (PC atau laptop) serta kabel penghubung (bisa dibeli atau bikin sendiri sesuai kebutuhan), maka komputer anda sudah bisa jadi amplifier serta efek gitar yang sering anda dengar di acara konser (konser rock atau alternative).

ya... Guitar FX BOX 2.6 dan Guitar FX 3... merupakan software untuk menghasilkan efek gitar yang bisa dibilang WAH....karena tanpa menggunakan alat apapun, kita sudah bisa membuat dan memainkan gitar dengan berbagai efek seperti band rock....

mau coba ???

yang dibutuhkan :
Software :
1. Guitar FX Box 2.6
2. Guitar FX 3
masing masing punya efek yang unik.....silahkan pilih salah satu.kalo mau dua-duanya boleh juga....

Hardware :
1. Gitar listrik / gitar klasik yang di lengkapi spul gitar
2. kabel penghubung dari gitar ke komputer. (bisa di sesuaikan ukuran konektornya)


untuk memasangnya sangat gampang....tinggal colok colok setel...
kabel di colok di gitar, ujung satu nya lagi di colok di komputer (Colokan yang biasa dipake untuk Mic yang warna merah), trus jalankan program guitar fx3 atau guitar fx box 2.6 kalau saya menyarankan pake aja guitar fx 3, soalnya efeknya banyak dan bagus bagus...lebih enak main nya.





Guitar fx box 2.6






Guitar FX 3



kalo semuanya sudah terpasang, bisa langsung klik start.....setelah itu coba petik senar gitar....apa yang anda dengar???
kalo tidak kedengaran apa-apa, coba setting recording control dengan menyeleksi microphone sebagai sumber recording nya.....

trus dicoba lagi....pasti bisa.....

silahkan bersenandung dengan efek gitar baru yang unik dan tidak membuang banyak biaya.
sekian dulu....sampai jumpa di tulisan berikutnya...

Link untuk download software :

1. Guitar FX Box 2.6 : Download
2. Guitar FX 3.04 : Download
3. Guitar FX 3 butuh Crack : Download




Trik " Memilih Gitar Listrik " Yang Bagus


Teman-teman, bila kamu suka dengan musik tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "gitar", sebagai pemusik biasanya kita akan tahu bagaimana cara-cara memilih gitar listrik yang baik…

Tapi bila kamu masih awam atau mencari cara supaya waktu kamu beli gitar tidak salah pilih, mungkin tips dan trik berikut akan sedikit membantu kamu okeh…!!

Saat ini banyak merek-merek gitar yang terkenal seperti ibanez, gibson, fender, yang beredar di indonesia, tapi apakah benar2 asli, truz berapa sih harga gitar yang bener-bener asli ?
Apakah gitar yang bagus harus mahal?

tentunya tidak…

truz gimana dong.. cZ aku baru mau beli gitar nih…?

jangan kuatir brow… di sini saya akan memberikan pada kmu "tips dan trik memilih gitar listrik ato elektrik yang bagus"…

ini "trik"nya:

1. Saat kmu masuk dan lihat2 ke dalam toko musik, pilihlah gitar yang kira-kira cocok dan membuat kmu merasa lebih pede dengan pake gitar itu.

2. Sesuaikan budgetdengan gitar yang akan kmu beli, so jangan sampai melebihi budget yang kmu punya kecuali duit kamu berlebih…

3.Setelah anda mendapatkan gitar yang kira2 cocok, cobalah kmu mainkan dan petik, dan rasakan saat digenggam..
apakah lebar neck dan jarak fret ke fret nyaman dengan tangan kiri kamu, soalnya ukuran neck berbeda-beda loh..
apabila dalam genggaman terasa nyaman, maka tangan akan terasa bebas bergerak keatas dan kebawah serasa lihai…

4. Faktor utama adalah kualitas suara, jadi perhatikan suara yang di hasilkan gitar yang akan kamu beli.
Caranya :
Bilang kepada penjaga toko, bahwa Kamu mau mencoba gitar tersebut.

Setelah terpasang pada sound…

Chek Noise pada gitar :
Coba besarkan volume gitar dan tonenya
tapi jangan anda sentuh.
Dengarkan apakah ada suara aneh seperti mendesis atau feed back (seperti suara : wwiiiitttt… kaya tikus kejepit ga ya hehehe…:)
bila itu terjadi maka kamu bisa mengganti dengan gitar yang sejenis, biasanya sih toko punya beberapa stok untuk beberapa model gitar.

5. Sekarang cek kontrol tunenya, coba fullkan putarannya, truz dengerin deh suaranya, apakah terlalu garing atau tidak.
tone yang bagus biasanya memiliki keluaran yang teratur, jadi semakin diputar semakin jelas suaranya….

6. Cek switch, pada gitar biasanya terdapat pick up, ato bahasa kerennya sih spul, untuk fungsinya untu mengubah getaran menjadi suara. Ada berbagai macam gaya pasang pick up, tergantung dari jenis gitar, contohnya: pada gitar fender : 1-1-1
gibson : 1-1
ibanez : 2-1-2
itu juga tergantung jenisnya…

7. Sekarang lihat jarak antara fret dan senar apakah jaraknya terlalu jauh?
apabila ya, maka jangan buru-buru cari yang lain karena pada gitar listrik atau elektrik terdapat setting rahasia supaya jaraknya bisa sesuai…
apabila terlalu jauh maka akibatnya saat kita mainkan akan terasa tanggung, dan keras saat di tekan…

Caranya :
Lihatlah pada neck didekat fret pertama.
Biasanya pada sebuah gitar elektrik ada sebuah lubang yang di tutupi oleh semaca fiber, nah disitulah biasanya dibuka dan di stel supaya benar-benar pas dengan feel kita.
Hanya tinggal kita putar saja dengan kunci L atau kunci ellen.
Tapi tenang saja biasanya si penjaga toko yang turun tangan untuk masalah penyetelan, jadi kamu cukup lihat saja… karena kalau belum biasa biasanya orang agak susah membetulkan yang kaya beginian.





Tips Belajar Bermain Melody


yang pertama “jelas donk kita harus memiliki sebuah gitar, kalau tidak punya yah kelaut ja deh”!!he7 just kidding kok. Gitar yang bisa digunakan yaitu boleh gitar listik atau gitar bolong, (tapi khusus melody lebih baik menggunakan electric guitar) sebab untuk bermain melody lebih mudah dengan menggunakan gitar tersebut.

Awal saya bermain gitar itu kelas 2 smp, yang mengajarkan yaitu kakak saya. Berawal bermain gitar saya hanya bisa genjrang-genjreng ja tuh. Karena keterbatasan ilmu yang dipunyai oleh kakak saya, saya cuman mendapat kunci-kunci dasar saja dari beliau. Selama tiga tahun kedepan saya belum berkembang 1 langkah pun, karena tidak adanya literatur dan instruktur yang mengajari saya. Pertama Ngejam saya di studio itu, pada saat saya beranjak sma, dengan diajak oleh teman. Dan akhirnya saya mulai agak sering latihan band distudio, tapi apa hasilnya? Tidak ada perubahan pada diri saya, skill saya tidak bertambah, wawasan musik saya pun segitu-gitu aja. Saya sempat berfikir, bagaimana caranya agar saya bisa menjadi seorang gitaris yang hebat?saya rasa anda juga pasti pernah merasakan hal seperti saya ini, yang kepengen menjadi seorang gitaris yang handal.

Setalah kelas 2 saya lebih aktif lagi ngeband. Saya punya teman yang mengajak saya untuk masuk kedalam anggota band dia, ternyata saya disuruh ngebass. Weleh-weleh ternyata posisi ini saya nikmati dengan santai, nah mulai dari sini permainan gitar saya mulai berkembang, kenapa bisa? Saya belajar dengan cara observatif, yaitu saya mengamat dan mentelaah cara bermain gitaris saya, lebih spesifiknya saya melihat style dan pengimprovisasian dia lebih mendalam, setelah itu saya praktikan dirumah hingga bisa seperti itu. Selain itu juga saya banyak belajar dari teman saya itu, dengan bertanya dan meminta dia mengajari saya, teknik-teknik yang dikuasainnya. Palm mute atau disebut deep saja saya belajar teknik itu dari dia. Jadi Intinya kalian harus banyak belajar dari orang-orang disekeliling kalian, karena masih banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan jauh diatas kalian. Jadi jangan sombong dan puas akan sesuatu yang sudah didapat

Akhir kelas dua, band saya mulai diambang kehancuran karena 2 personil saya keluar karena ada masalah intern diantara kami. Tapi dari kejadian ini, akhirnya saya mendapatkan posisi gitaris. Kenaikan kelas 3 saya pindah sekolah, dan saya bertemu orang yang handal bermain gitar, dia teman sekelas. Waktu itu saya berfikir bahwa ini merupakan kesempatan yang baik, untuk dimanfaatkan. Akhirnya saya pun belajar dari dia, disini saya mulai mengenal lebih mendalam tentang melody, disini juga saya menganal apa itu Picking, Sweeping, tapping, natural harmonik, pinching harmonik. Ternyata teman saya sudah menguasai semua teknik ini. Yang lebih gila, pas di menunjukan permainanya, di melakukan sweeping dengan tempo yang sangat cepat dan bersih, dia juga bisa melakukan picking sambil sweeping dengan baik. Dari situ saya termotivasi dan antusias banget mau belajar dengan dia(thanks to Enozz). Akhirnya saya diajarkan teknik-teknik itu. Ternyata susah gila……., dengan diberikan contoh, saya mempraktikan kembali dirumah berulang-ulang sampai saya menguasai taknik itu. Duh capek……kayaknya terlalau berbelit-belit yah???yasudh saya langsung saja memberikan tips-tips belajar melody!

  • Tips-tips mudah belajar melody

1) Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya diatas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif.

2) Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik, dan minta tolong kepada dia supaya mau mengajarkannya kepada anda.

3) Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya.

4) Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik.

5) Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis.

6) Senam jari harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja.

7) Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali. Hohoho

8) Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih.

9) Kalau kamu merasa tidak bisa mengulik lagu-lagu yang saya berikan, atau kamu ingin mengetahui jalur pastinya. Kamu cari tablatur-tablaturnya banyak kok di internet, cari ja dengan menggunakan search engine google dan masukan keyword yang anda ingin cari. Saya juga sering banget cari, lumayan saya jadi gk usah pusing-pusing ngulik. Kalau kalian tidak tahu bagaimana cara bacanya dan masih bingung dengan simbol-simbol yang ada di tablatur, diatas saya sudah jelaskan bagaimana caranya, coba baca kembali ulasan diatas.

Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.



5 Jurus Bermain Gitar


Minimnya skill bermain gitar membuat suasana fellowship di berbagai persekutuan kantor kadang jadi kaku dan kurang bergairah. Skill semacam ini memanng tidak hanya didapat dalam waktu singkat. Tapi 5 jurus singkat gL! di hawah ini mungkin dapat membantu jika Anda melatihnya secara konsisten selama minimal 3 hulan, dan setiap harinya selamma 1 hingga 2 jam.

Jurus 1: jangan Lupa Kunci

Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, (3, A, B) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci C digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci D, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.

Jurus 2: Dua Teknik Dasar

PETIKAN: Ketika memetik gitar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu "KKEB"-nya Andre Hehanusa atau "Tears In Heaven"-nya Eric Clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:

Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar.
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.

Setelah Anda nmencoba ketiganya, GABUNGKAN SEMUA TEKNIK! Memainkan lagu KKEB bukan impian lagi.

RITEM: Ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika Anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: Untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.
1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1

Jurus 3. Jangan Lupa Bawa Buku Nyanyian

Sekarang buku lagu-lagu Praise & Worship yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannya pun mudah saja.

Jurus 4: Berlatih Running Chord Untuk Bermazmur

Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-Nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-Nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci C): C-F, C-AmDm-G, F-Em-Dm-G. Semakin sering dilantunkan, feeling Anda akan semakin terasah dan Anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill Anda.

Jurus 5: Percaya Diri


Proteksi Untuk Lagu Ciptaan Loe

Promo lewat online atau ngirim demo loe ke label, sebagai musisi yang mencipta dan terus berkreasi melakukan recording pada lagu-lagu ciptaanya, terkadang ada rasa ngeri, takut bila lagu loe dibajak, dicuri dan diakui sebagai lagu orang lain.

Ramai desas desus memberitakan hal ini. Merupakan suatu dilema bagi pemusik indie label yang sudah merekam karya-karya ciptaannya. Untuk melindungi dan memproteksi karyanya agar tidak dibajak. Sementara untuk mendaftarkan lagu agar mendapat hak cipta, bukan biaya yang murah kan. Banyak musisi yang memilih biayanya tersebut dijadikan biaya untuk recording, dari pada untuk mengurus hak cipta.

Bagaimanapun lagu-lagu ciptaan loe harus dilindungi, terproteksi dan aman bila loe berikan kepada orang lain. Kalau loe sendiri gak mau melindungi, orang lain apalagi. Berikut tips yang mesti loe lakuin untuk melindungi lagu ciptaan loe :

1. Burning lagu-lagu loe ke dalam CD, tentu dalam format terbaiknya. Lalu, masukkan ke dalam amplop tertutup bersegel. Kirim melalui kantor pos ke alamat loe sendiri. Kemudian, saat pos mengirimkannya kembali ke loe. Simpan CD dalam amplop itu di tempat yang aman. Jangan buka segel amplopnya. Cap pos yang tertera ada bukti otentik yang sah yang menekankan kepemilikan loe terhadap lagu-lagu dalam CD tsb. Bila kemudian muncul kasus pembajakan, atau lagu loe kira-kira dibawakan dan diklaim oleh artis lain (misal), loe bisa membuktikan kepemilikan lagu dari membuka segel amplop cd lagu loe, tentu saja di depan pengadilan.

2. Buat pengakuan terhadap lagu loe, misalnya dengan memutarnya di radio-radio lokal. Syukur bila lagu loe bisa menyebar ke seluruh Indonesia dengan maraknya sekarang radio yang menyiarkan acara Indie Label.

3. Masukkan lagu-lagu loe di situs-situs ternama, misalnya youtube, multiply atau geocities. Di situs-situs seperti itu, akan terlihat kapan loe post lagu loe, dan ini bisa menjadi tolak ukur sendiri bila misalnya suatu saat ada yang mengklaim lagu loe sebagai karya mereka. Dengan catatan, jangan hapus account loe di situs tersebut sampai kapanpun. Dan jangan lupa untuk mempostnya ke beberapa situs. Untuk antisipasi bila ada situs yang tutup.

Bila ingin lebih aman lagi, Ngga ada jalur lain, kecuali daftarkan hak cipta lagu-lagu loe pada organisasi-organisasi yang mengurusnya.

0 komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO MY BLOG